• Breaking News

    Pemkab Bima Terima Penghargaan Universal Health Coverage

    Wakil Bupati Bima Drs. H.Dahlan M.Noer saat menerima penghargaan UHC

    Jakarta, Zona Rakyat.-
    Pemerintah Kabupaten Bima berhasil meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC)  "Kategori Madya". Penghargaan UHC tersebut diserahkan Wakil Presiden RI
    KH. Makruf Amin kepada Wakil Bupati Bima Drs. H.Dahlan M.Noer, Kamis (8/8) di Krakatau Grand Ballroom, TMII Jakarta.

    Ada tiga kategori Penghargaan UHC kepada Pemerintah daerah yaitu Kategori Utama, Madya dan Pratama. UHC di Indonesia diwujudkan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang memastikan setiap individu memiliki akses pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif, dan bermutu tanpa adanya hambatan finansial.

    Wabup Dahlan yang hadir bersama pimpinan BPJS Kesehatan Kabupaten Bima Muhammad Zain usai prosesi penyerahan penghargaan tersebut mengungkapkan, prestasi ini berhasil diraih atas kerja keras OPD terkait khususnya mitra kerja BPJS yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, BPKAD, Dinas Dukcapil dan unit kerja terkait lainnya, di samping adanya sinergi antara pemerintah daerah dengan BPJS Cabang Bima.

    Mengacu pada data BPJS Kesehatan Kabupaten Bima, jumlah cakupan peserta baik yang aktif dan yang tidak aktif mencapai 105 persen dibandingkan dengan jumlah penduduk semester II tahun 2023 yaitu 538.443 jiwa. Sementara jumlah peserta BPJS aktif sesuai data per 31 Juli 2024 mencapai 76 persen.
     
    Presiden International Social Security Association (ISSA) Mohammed Azman mengapresiasi Pemerintah Indonesia, khususnya BPJS Kesehatan atas capaian Universal Health Coverage (UHC). Apresiasi itu juga ditandai dengan penyerahan penghargaan dari Presiden ISSA kepada Wakil Presiden RI.

    "Selamat kepada BPJS Kesehatan atas capaian ini, dan kami menantikan kerja sama ke depannya. Capaian UHC ini bernilai penting untuk memastikan setiap individu mendapatkan akses terhadap pelayanan kesehatan yang layak," terang Azman. (ZR3)

    Tidak ada komentar