• Breaking News

    H Arahman Ungguli Calon Lain Hasil Survei Partai Golkar Melalui LSI

    Hasil Survei LSI terkait elektabilitas Calon Wali Kota Bima.

    Kota Bima, Zona Rakyat.
    -Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengumumkan hasilnya setelah melakukan survei tanggal 1 hingga tanggal 6 Juli 2024. LSI Deny JA akhirnya membagikan hasil surveinya pada tiap kandidat calon Walikota dan Wakil Walikota Bima yang mendaftar di Partai Golkar, Senin (15/7/2024).

    Berdasarkan hasil Survei yang diterima para kandidat, H A Rahman H Abidin, SE menempati posisi elektabilitas tertinggi dibanding dua kandidat calon Walikota Bima lainnya.  

    Pada skema 3 kandidat Calon Walikota Bima. H. A. Rahman H. Abidin meraih posisi puncak dengan perolehan elektabilitas  45,7 persen. Pada posisi kedua H Mohammad Rum dengan perolehan 20,2 persen, H. M. Syafruddin diposisi terakhir di angka 15,2 persen, dan yang belum menentukan pilihan sebanyak 18 persen.

    Pada skema simulasi pasangan calon terlihat tingkat elektabilitas pasangan berubah-ubah tergantung dengan siapa ketiga bakal calon Walikota Bima ini akan berpasangan.

    Ketika H. A. Rahman H. Abidin (Haji Man) dipasangkan dengan Feri Sofian (Aba Feri) melawan H. M. Rum (HMR) - Alfian Indra Wirawan (Dae Pawan) dan H. Muhammad Syafruddin (HMS) - Hj Elya Alwaini (Umi Elya), tingkat elektabilitas pasangan Man Feri diangka 50,9%, HMR Pawan diangka 18,4% dan HMS Elya diangka 8,2%. Untuk yang belum menyatakan memilih ketiga pasangan calon ini juga cukup tinggi diangka 22, 5%. 

    Jika pasangan selain Man Feri dibolak balik menjadi HMR  Elya dan HMS Pawan,  elektabiliras HMR yang dipasangkan dengan Elya justru turun dari 18,4% menjadi 13,9%. 

    Sementara HMS yang lepas dari Elya naik dari 8,2% menjadi 10,0%. Sementara untuk pasangan Man Feri mengalami peningkatan dari 50,9% menjadi 52,7%. Adapun responden yang belum menentukan pilihan juga mengalami peningkatan dari 22,5% menjadi 23, 4%. 

    Kemudian jika skemanya head to head antara Haji Man melawan HMR atau Haji Man melawan HMR, maka poÅ•sentase keterpilihan Haji Man berpasangan dengan Aba Feri atau Man Pawan akan berada diangka 57,7% hingga 58,6%. Sementara HMS - Elya atau HMR - Elya hanya diangka 18,0% hingga 18,6% saja dengan swing voters pada angka 22,7% hingga 24,3%. 

    Survei Partai Golkar melalui LSI ini menggunakan methode Multistage Random Sampling. LSI mengambil sampel di 41 kelurahan di Kota Bima dengan jumlah responden sebanyak 440 orang.(ZR.04

    Tidak ada komentar