• Breaking News

    Bawaslu Kota Bima Gandeng Media Massa Dalam Pengawasan Partisipatif

    Ketua Bawaslu Kota Bima Atina saat membuka sosialisasi pengawasan partisipatif 

    Kota Bima, Zona Rakyat.
    -Bawaslu Kota Bima menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilihan serentak 2024, di Ruma Dining Salama Kota Bima, Rabu (17/7/2024).

    Sosialisasi kali ini Bawaslu Kota Bima menggandeng media massa dalam pengawasan partisipatif Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada 27 November 2024 mendatang.

    Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Bima Subhan ST mengatakan, sosialisasi pengawasan partisipatif bersama media massa sebagai salah satu langkah membangun kebersamaan. Karena media massa sebagai penyambung informasi kepada masyarakat sangatlah penting dijadikan mitra strategis.

    "Mengawasi proses penyelenggaraan pemilihan serentak 2024 tentunya dibutuhkan pelibatan semua pihak, termasuk media massa," katanya.

    Bawaslu sendiri kata Subhan, tidak akan bisa mengawasi secara maksimal tanpa dukungan stakeholder lainnya, termasuk di dalamnya media massa. Media massa harus menjadi mitra strategis untuk bersama berkolaborasi mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan pemilihan 2024.

    "Sengaja pada kegiatan sosialisasi kali ini kita gandeng teman-teman media sebagai peserta. Adapun pesertanya adalah perwakilan media, KPU dan jajaran Bawaslu Kota Bima," terang Subhan.

    Sementara Ketua Bawaslu Kota Bima Atina menyampaikan apresiasi dan bangganya berada bersama para jurnalis Bima. Mengingatkan kembali kebersamaan semasa berjuang di dunia jurnalis.
    "Ini sepertinya reuni dengan rekan-rekan media," imbuhnya.

    Atina mengaku, pengawas tidak akan mampu melaksanakan tugasnya dengan maksimal tanpa dukungan dari semua pihak. Oleh karena itu kolaborasi dan sinergitas bersama media massa sebagai momentum untuk mewujudkan pengawasan yang berkualitas pada Pemilihan serentak.

    "Momen ini bukan hanya sekedar sosialisasi tetapi membangun sinergitas dan kolaborasi dalam komitmen untuk melahirkan konsep gagasan pengawasan bersama," ungkapnya.

    Dirinya berharap, media dapat menjadi corong informasi yang mengedukasi masyarakat. Menjadi mitra strategis Bawaslu yang dapat memberikan informasi-informasi yang dapat ditindaklanjuti oleh Bawaslu, untuk memastikan bahwa proses penyelenggaraan pemilihan serentak 2024 berjalan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

    "Ayo teman-teman kita awasi seluruh tahapan proses pemilihan ini, untuk memastikan berlangsung demokratis dan bermartabat," ajak Ketua Bawaslu Kota Bima.

    Sosialisasi pengawasan partisipatif dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber dan diskusi terkait peran media massa dalam menghadirkan pemilihan yang demokratis dan bermartabat. (ZR.04)

    Tidak ada komentar