• Breaking News

    PJ Wali Kota Bima Buka Secara Resmi Orientasi Anggota DPRD Kota Bima Angkatan VIII Masa Jabatan 2024 - 2029

    Pj Wali Kota Bima Drs H Mukhtar MH menghadiri Orientasi Anggota DPRD Kota Bima Angkatan VIII Masa Jabatan 2024 - 2029 

    Mataram, Zona Rakyat.-PJ Wali Kota Bima Drs H Mukhtar MH menghadiri Orientasi Anggota DPRD Kota Bima Angkatan VIII Masa Jabatan 2024 - 2029 yang berlangsung di Hotel Lombok Astoria, Selasa malam, (1/10/2024).

    Selain Pj Walikota Bima, hadir dalam acara tersebut Kepala BPSDMD Provinsi NTB yang diwakili oleh Muhammad Taufik, SE, MM, dan Plt. Sekwan DPRD Kota Bima Tajuddin SH dan seluruh jajaran DPRD Kota Bima.

    Ketua Panitia yang juga Sekretaris DPRD Kota Bima Tajuddin, SH memberikan beberapa laporan terkait kegiatan orientasi yang akan berlangsung selama 5 (lima) hari mulai tanggal 1 hingga 5 Oktober 2024.

    Dalam laporannya Tajudin menjabarkan  bahwa kegiatan orientasi Anggota DPRD merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun 2024 tentang Pedoman Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi dan Anggota DPRD Kabupaten Kota.

    Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas, agar dapat semakin memperkuat kemampuan atau kompetensi sebagai anggota dewan dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

    Selaras dengan laporan Sekretarisnya, Ketua DPRD Kota Bima Sementara Syamsuri, SH juga menekankan bahwa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, DPRD mempunyai 3 (tiga) fungsi, yaitu Pembentukan Perda, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan.

    Mengingat pentingnya ketiga fungsi tersebut, kata Syamsuri, anggota DPRD diharapkan memiliki pengetahuan (knowledge) yang luas, keterampilan (skill) yang handal dan perilaku (attitude) yang baik.

    Selanjutnya, PJ Wali Kota Bima Drs Mukhtar MH dalam sambutannya mengatakan, DPRD Kota Bima merupakan mitra dari lembaga eksekutif guna mendorong berbagai langkah positif dalam program-program yang direncanakan dan akan dilaksanakan. Oleh karenanya PJ Wali Kota berharap agar kerjasama diantara kelembagaan pemerintah dapat terjalin dengan lebih harmonis demi kesejahteraan masyarakat Kota Bima.

    Mengakhiri sambutannya, Mukhtar mengucapkan selamat mengikuti Orientasi Anggota DPRD Kota Bima dan sekaligus membuka secara resmi Orientasi Anggota DPRD Kota Bima Angkatan VIII Masa Jabatan 2024 - 2029.

    Untuk diketahui sebanyak 25 Anggota DPRD terpilih periode 2024-2029 yang berasal dari 9 Partai Politik melaksanakan Kegiatan Orientasi selama lima hari terhitung sejak tanggal 1-5 Oktober 2024 yang dilaksanakan secara Classical atau tatap muka di Hotel Lombok Astoria, Kota Mataram. (ZR)

    Tidak ada komentar