• Breaking News

    Vicon, Asistensi Laporan Kinerja Penjabat Wali Kota Bima Triwulan III

    Kegiatan Video Conference (Vicon) asistensi laporan kinerja Pj Wali Kota Bima Triwulan III 

    Kota Bima, Zona Rakyat.
    -Video Conference (Vicon) untuk asistensi laporan kinerja penjabat Wali Kota Bima difokuskan pada evaluasi periode Triwulan III Bulan Juli Tahun 2024.


    Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui zoom meeting oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang diwakili oleh Itjen Kemendagri Yohanes dengan Penjabat Wali Kota Bima Ir. H. Mohammad Rum, MT dan diikuti pula oleh Sekretaris Daerah Kota Bima, Drs. H. Mukhtar, MH, di Ruang Rapat Wali Kota Bima.

    Penjabat Wali Kota Bima didampingi oleh Staf Ahli, Asisten, Inspektur, Pimpinan OPD, dan Kabag Setda Kota Bima, untuk memfasilitasi evaluasi serta koordinasi antara pihak terkait, dalam memperbaiki kualitas pelayanan publik.

    Dalam dialog melalui vidio conference  H Mohammad Rum menyampaikan hasil kinerja selama periode Juni dan Juli 2024. Dalam laporannya, tergambar upaya peningkatan layanan publik melalui berbagai program strategis yang telah dilaksanakan, seperti layana kesehatan, pencegahan stunting, pelayanan publik, pengentasan kemiskinan ekstrem, pengendalian inflasi, pengelolaan BUMD, penyerapan anggaran layanan perijinan, dan penurunan tingkat pengangguran, 

    Menurut H Rum, capaian yang signifikan telah diraih, namun secara administrasi ada beberapa poin yang perlu dibenahi. Sementara itjen Kemendagri Yohanes, misalnya dalam pelaksanaan program pencegahan Stunting, harus dijabarkan dan dilaksanakan oleh OPD mana saja, program kegiatannya apa saja, target sasaran yang dicapai berapa, anggaranya berapa, realisasi dan pelaporannya berapa persen, dan yang terakhir statusnya harus dimasukan keterangan sudah dilaksanakan atau belum. 
    "Tujuannya biar semuanya jelas, karena ini merupakan wujud dari akuntabilitas masing-masing OPD," tandasnya. 

    Sementara itu, dalam beberapa sektor, seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, perekonomian, mengalami perubahan dan kemajuan yang signifikan. Di sektor pendidikan mengalami perkembangan positif, dengan program-program pendidikan inovatif dan berkelanjutan. Dibidang infrastruktur, proyek-proyek pembangunan jalan dan sarana transportasi lainnya telah mempercepat konektivitas antar wilayah, mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

    Pada sektor perekonomian, pemerintah kota juga telah mengimplementasikan berbagai program untuk memfasilitasi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) serta meningkatkan daya saing produk lokal.

    Diskusi dan asistensi yang dilakukan dalam Vicon ini bertujuan untuk mengevaluasi serta menyarankan perbaikan-perbaikan yang dapat dilakukan guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas program-program yang telah dilaksanakan.

    Diharapkan hasil evaluasi ini dapat memberikan arahan bagi langkah-langkah kebijakan selanjutnya, guna mencapai tujuan pembangunan yang lebih baik, serta meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat Kota Bima kedepannya. (ZR.03) 

    Tidak ada komentar