• Breaking News

    Sekda Kota Bima Pimpin Rakor Penetapan BLUD Pada Puskesmas

    Sekda Kota Bima, Drs H Mukhtar Landa MH saat memimpin rapat koordinasi tim penilai penetapan BLUD

    Kota Bima, Zona Rakyat.
    -Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima, Drs H Mukhtar Landa MH memimpin rapat koordinasi (Rakor) tim penilai penetapan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pada Puskesmas se-Kota Bima.
    Rakor berlangsung di ruang rapat Sekda Kota Bima, Senin (11/7/2024) dan dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait serta tim penilai dari berbagai instansi.

    Sekda Kota Bima H Mukhtar Landa mengatakan, penerapan status BLUD bagi puskesmas sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

    "Dengan penerapan BLUD, Puskesmas diharapkan dapat lebih mandiri dalam pengelolaan keuangan dan lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat," katanya.

    Rakor ini membahas berbagai aspek terkait penilaian dan penetapan BLUD, termasuk kriteria yang harus dipenuhi oleh puskesmas, proses administrasi, dan tahapan evaluasi yang harus dilalui. Tim penilai memberikan penjelasan rinci mengenai mekanisme penilaian serta strategi-strategi untuk mencapai standar yang ditetapkan.

    Berdasarkan hasil penilalan dokumen administratif, dalam hal nilai dari dokumen administratif kurang atau sama dengan 60, maka hasil penilalan ditolak untuk menerapkan BLUD dan apabila nilal dari dokumen administratif lebih dari 60, maka hasil penilalan diterima untuk menerapkan BLUD.
    "Untuk selanjutnya hasil penilaian ini dituangkan dalam bentuk rekomendasi penerapan BLUD. Rekomendasi ini disampaikan kepada Kepala Daerah sebagai dasar penetapan penerapan BLUD yang dituangkan dalam Keputusan Kepala Daerah," terang Mukhtar.

    Dia juga menegaskan komitmen pemerintah Kota Bima dalam mendukung puskesmas-puskesmas untuk mencapai status BLUD.

    "Kami siap memberikan segala bentuk dukungan yang diperlukan agar puskesmas dapat bertransformasi menjadi BLUD yang profesional dan akuntabel," tegasnya.

    Diharapkannya, dengan adanya rakor ini, proses transformasi puskesmas menjadi BLUD dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi pelayanan kesehatan di Kota Bima. (ZR.04)

    Tidak ada komentar