• Breaking News

    Program KKN Universitas Muhammadiyah Bima Kolaborasi Bersama Pemkot Bima Jumpa Berlian di Kelurahan Sambinae

    Oleh : Munir Husen
    (Dosen Universitas Muhammadiyah Bima)

    Idealnya mahasiswa bukan saja dapat meraih IPK 4,00, melainkan lebih jauh dari itu memiliki Sense of crisis, mereka peduli terhadap masalah yang terjadi di masyarakat. Turut serta dalam pemecahan masalah untuk menemukan solusi penyelesaian yang tepat.

    Mahasiswa sebagai insan akademik memiliki potensi, mampu menjadi lokomotif dalam membangun ekosistim moderasi di masyarakat. Peduli dengan lingkungan di sekitarnya menjadi hal yang sangat penting bagi mahasiswa.

    Salah satu enti point tri darma Perguruan Tinggi, melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam bingkai kuliah kerja nyata. Mahasiswa dapat memberikan kontribusi pemikiran dan solusi atas berbagai persoalan dalam kurun waktu dua bulan.

    Mahasiswa Universitas muhammadiyah Bima KKN di Kelurahan Sambinae dengan beberapa program prioritas diantaranya adalah masalah kebersihan lingkungan, diselaraskan dengan program Pemerintah Kota Bima “Jumat pagi bersih-bersih lingkungan”. Pilot proyek Pemkot  Bima bersih, sehat, dan ramah lingkungan.

    Program “Jumpa Berlian” digagas oleh Pj Walikota Bima HM Rum, sudah berjalan sejak dilantik menjadi Pj Walikota Bima.  Medukung program tersebut mahasiswa KKN UM Bima mengambil bagian dan peran bersama masyarakat membersihkan lingkungan di Kelurahan Sambinae.

    Disamping itu, program “Jumpa Berlian” digagas oleh Pemkot Bima terus dipertahankan eksistennya agar kebersihan ini menjadi prioritas pertama, mahasiswa terus memberi edukasi dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah.

    Edukasi gerakan Jumpa berlian di Kelurahan Sambinae membersihkan lingkungan melibatkan masyarakat, tokoh Masyarakat, tokoh Agama, pemuda, Karang Taruna, RT, RW dalam satu ikatan kebersamaan  bahwa sampah adalah musuh bersama.

    Gerakan Jumpa Berlian oleh mahasiswa KKN UM Bima di Sambinae melakukan sosialisasi pengelolaan dan pemilihan sampah dengan sisitm 3R, reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali) dan recycle(daur ulang) sebagai upaya pencegahan kerusakan lingkungan.

    Program Jumpa berlian Pemkot Bima, merupakan salah satu upaya pemerintah mendorong keterlibatan masyarakat untuk ikut bertanggungjawab didalam pengelolaan sampah bahwa sampah adalah musuh bersama.

    Kebersihan lingkungan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Menciptakan kebersihan lingkungan merupakan upaya untuk menjadikan kehidupan yang sehat sehingga tidak mudah terserang penyakit seperti diare, demam berdarah, muntaber dll.

    Allahul Musta’an

    Tidak ada komentar