• Breaking News

    Sinergitas Menjadi Kunci Percepatan Pembangunan

    Pj Wali Kota Bima, H Mohammad Rum 

    Kota Bima, Zona Rakyat.-
    Penjabat Wali Kota Bima H Mohammad Rum menegaskan, bahwa sinergitas antara Pemerintah, sektor swasta dan masyarakat menjadi kunci utama dalam percepatan pembangunan daerah.


    Hal itu dikatakan Mohammad Rum rapat koordinasi bersama Kepala Perangkat Daerah dan Tim Perencana Pembangunan, membahas percepatan pembangunan dan inovasi daerah, di Aula Kerja Kantor Wali Kota Bima, Senin (22/7/2024).

    Mohammad Rum juga menegaskan pentingnya daerah harus memiliki visi yang jelas dan komitmen yang kuat, untuk mengimplementasikan inovasi di setiap sektor pembangunan.

    Salah satu fokus utama dalam rapat koordinasi, adalah meningkatkan infrastruktur dasar seperti pelayanan air bersih dan kebersihan lingkungan kota. Kedua hal itu sebagai masalah utama yang perlu menjadi atensi khusus pemerintah untuk kemajuan Kota Bima.

    "Tidak kalah penting adalah peningkatan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan, juga menjadi perhatian serius dalam upaya menciptakan kesejahteraan masyarakat," beber Mohammad Rum.

    Dalam pelayanan air bersih, lanjut Aji Rum sapaan akrab H Mohammad Rum, ada tiga hal dasar yang perlu diperhatikan yakni pelestarian sumber mata air. Bagaimana mata air ini agar bisa dijaga kelestariannya dengan baik. Salah satu cara yang efektif yakni memberikan edukasi kepada masyarakat agar bisa menjaga, dan melindungi hutan. Selain itu pengelolaan atau manajemen, dan penyulingan atau netralisir air laut.

    "Penyulingan ini juga penting, karena ada sebagian warga kita yang menggunakan sumber airnya dari air laut. Maka ini perlu dilakukan untuk membantu warga yang membutuhkan, agar mereka bisa menikmati air yang sehat dan bersih," ungkap Aji Rum.

    Dalam kesempatan itu dia juga membahas rencana memperbaiki sektor penerbangan, sebagai salah satu potensi daya tarik wisata yang dapat dikembangkan lebih lanjut. Terobosan dan inovasi diharapkan dapat mendukung peningkatan kunjungan wisatawan di Kota Bima.

    "Kedepan, saya ingin Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima dikembangkan lagi dengan menambah landasan pacunya. Areal Bandara juga harus diperluas dengan pembebasan lahan di sekitarnya," katanya.

    Rum berharap, kedepan ada pesawat komersial, dengan rute penerbangan Bima, Sumbawa, Mataram, Denpasar dan Labuan Bajo.

    "Jika ini bisa dilakukan, akan menambah pendapatan daerah. Tentunya harus ada kolaborasi dan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Bima dengan Pemerintah Kota Bima," tutup Aji Rum.

    Rapat koordinasi tersebut, diakhiri dengan komitmen bersama untuk melaksanakan hasil-hasil rapat dalam waktu yang telah ditentukan. Tim yang terlibat dalam pertemuan, agar bisa membuatkan skema atau kerangka kerja sesuai dengan perencanaan, agar dapat diimplementasikan.

    Rapat koordinasi Tim Percepatan Pembangunan dan Inovasi Daerah Kota Bima, diharapkan tidak hanya sebagai wadah perencanaan, tetapi juga sebagai momentum nyata untuk mewujudkan visi Kota Bima sebagai Kota yang modern, berdaya saing, dan berwawasan lingkungan. (ZR4)

    Tidak ada komentar