• Breaking News

    Bawaslu Kota Bima Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Serentak 2024

    Ketua Bawaslu Kota Bima Atina didampingi Anggota Idhar Saat membuka Sisialisasi di Hotel Camelia Kota Bima 

    Kota Bima, Zona Rakyat
    .-Bawaslu Kota Bima Sosialis
    asi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, dan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024, Sabtu (27/7/2024) di Hotel Camelia Kota Bima.

    Kegiatan tersebut dibuka Ketua Bawaslu Kota Bima Atina dan dihadiri juga oleh Anggota Bawaslu Idhar dan Khairul Amar diikuti Panwascam, jajaran Staf Sekretariat dan Pengawas Kelurahan se Kota Bima.

    Ketua Bawaslu pada kesempatan tersebut meminta para peserta terutama Panwascam dan PKD Kota Bima untuk memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan informasi terkait dengan tugas-tugas pengawasan dari nara sumber.

    "Saya minta semua peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik. Jadikan ini sebagai langkah awal bagi Panwascam untuk mengintensifkan teman-teman PKD," pintanya.

    Pilkada memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi, sehingga dibutuhkan sinergitas dengan berbagai komponen masyarakat terutama dengan TNI, Polri, Civil Sociaty dan masyarakat.

    "Kemarin kita sudah berkoordinasi dengan Kodim 1608 Bima. Maka saya minta teman-teman PKD koordinasi dengan Babinsa untuk memastikan berbagai kondisi di wilayah masing-masing. Termasuk kerawanan di tengah masyarakat," harapnya.

    Atina juga meminta kepada jajaran Panwascam dan PKD Kota Bima agar memaksimalkan fungsi pencegahan dan tetap menjaga kesehatan dalam pelaksanaan tugas pengawasan.

    Sementara Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Humas dan Parmas, Idhar mengatakan, pelaksanaan Coklit sudah selesai dilakukan, dan Bawaslu RI menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran pengawas Pemilu terutama PKD yang telah melakukan pengawasan dengan baik. Sehingga hasil pengawasan dapat disampaikan kepada publik.

    "Tidak mungkin hasil pengawasan disampaikan ke publik tanpa hasil pengawasan yang dilakukan teman-teman PKD. Demikian pula PKD Kota Bima," ujarnya.

    Idhar mengaku, Bawaslu tidak malu dan takut menyampaikan hasil pengawasan jajaran pengawas Pemilu, Panwascam dan PKD yang telah melaksanakan tugas pencegahan dan pengawasan dengan baik.

    "Patut dicontoh apa yang dilakukan PKD Rite yang menyampaikan himbauan kepada masyarakat yang belum coklit agar melaporkan kepada Pengawas Pemilu. Itu dilakukan saat Mbolo Kampo, salah satu kearifan lokal yang dapat dimanfaatkan untuk sosialisasi," beber Idhar.

    Dia juga mengingatkan jajaran Pengawas Pemilu untuk mempertanggungjawabkan setiap tugas dan kewenangan kepada masyarakat, dengan menunjukan kepada publik.

    "Kita tidak saja bekerja tetapi kita harus terlihat bekerja dengan sosialisasi hasil-kerja pengawasan yang kita lakukan," tambahnya.

    Sosialisasi yang digelar di Hotel Camelia Kota Bima menghadirkan dua narasumber yakni Asrul Sani, SE, SH dan Dr Syarif Ahmad yang menyampaikan materi penting terkait kerawanan tahapan Pemilihan serentak 2024. (ZR4)

    Tidak ada komentar